Komitmen, Konsistensi dan Inovasi

Keberhasilan Kota Bontang meraih predikat terbaik dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se-Kalimantan Timur, tidak lepas dari dukungan pemangku kepentingan di Kota Bontang. Langkah besar pertama yang dilakukan Pemerintah Kota Bontang adalah melalui pernyataan komitmen seluruh stakeholder untuk membuka informasi kepada publik secara proporsional.

Komitmen adalah Pondasi yang sangat fundamental. Pondasi inilah yang digunakan untuk menggerakkan mesin-mesin PPID, yaitu Sumber Daya Manusia, Standar Operational Prosedur dan Aplikasi berbasis teknologi. Setelah mesin-mesin tersebut disetting dengan baik, pimpinan PPID dapat melakukan pengawasan dan pengendalian melalui website PPID sebagai ujung tombak informasi.

Langkah selanjutnya adalah inovasi. Inovasi harus bersifat sustainable, sehingga berkelanjutan untuk dikembangkan. Inovasi tidak selalu dapat diterima dengan baik. Selalu ada pro dan kontra, selalu ada posisi offensive dan defensive. Pada tahapan ini, peran pimpinan untuk melakukan manajemen perubahan merupakan sebuah tantangan besar. Bagaimana melakukan koordinasi dengan pihak-pihak vertikal, horizontal maupun diagonal, sehingga perubahan akibat inovasi dapat diterima.

Perubahan berdampak pada perilaku. Perilaku yang dulunya tertutup, sekarang harus terbuka. Akan muncul kondisi masyarakat yang akan selalu menuntut seluruh informasi pemerintah harus dibuka. Pada kondisi ini, pemerintah melalui PPID dapat melakukan uji konsekuensi kelayakan penerbitan informasi. Dengan dasar hukum yang jelas, Forum Group Discussion dan analisis risiko, akan muncul kesepakatan sebuah informasi layak/tidak untuk dipublikasikan.

Sebuah prestasi dapat diraih dengan perjuangan dan pengorbanan, prestasi dapat dipertahankan dengan konsistensi dan inovasi. Jayalah terus PPID Kota Bontang!!

Tim PPID Kota Bontang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *